PERBANDINGAN PERJANJIAN JUAL BELI MELALUI MEDIA ONLINE PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DAN OLX INDONESIA
Fakultas Hukum, Universitas Bhayangkara Surabaya
Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Surabaya
Fakultas Hukum, Universitas Bhayangkara Surabaya
Perkembangan kehidupan masyarakat semakin hari semakin meningkat sejalan
dengan perkembangan teknologi yang semakin hari juga meningkat. Dengan cepatnya laju
perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan internet yang
menjurus kepada perdagangan melalui system media online hal ini telah menempatkan
internet pada posisi yang strategis. Hal tersebut dikarenakan sebuah dunia yang tidak
memiliki batasan yang berdampak pada peningkatan produktivitas dan efisiensi. Kegiataan
manusia sebagai pencipta, pengembang, dan pengguna teknologi informasi dan komunikasi
saat ini sedang mengarah kepada sesuatu yang akan memudahkan pengguna itu sendiri.
Salah satunya dapat dilihat dari perkembangan media internet yang saat ini dimanfaatkan
untuk kegiatan perdagangan. Kegiatan perdagangan dengan memanfaatkan media internet ini
dikenal dengan istilah electronic commerce, atau disingkat e-commerce. E-commerce
sebagai kontrak dagang elektronik yang terletak dalam bidang hukum perdata, khususnya
hukum kontrak. Kontrak dagang elektronik ialah kontrak dagang yang mempergunakan
elektronik sebagai medianya dan mempunyai tempat di dunia internet. Untuk mengetahui
dan menganalisa bagaimana perjanjian jual beli yang sah melalui media online yang
diterapkan dalam marketplace Tokopedia dan OLX Indonesia Untuk mengetahui dan
menganalisa pertanggungjawaban bagi pihak yang dirugikan akibat wanprestasi pada jual
beli online yang diterapkan Tokopedia dan OLX Indonesia Tipe penelitian yang digunakan
dalam penyusunan artikel ini adalah penelitian empiris, masuk dalam penggolongan yang
dilakukan secara penelitian hukum sosiologis dengan cara melakukan survei langsung ke
lapangan untuk mengumpulkan data primer dan data sekunder yang dapat langsung dari
responden melalui wawancara untuk dijadikan data atau informasi sebagai bahan dalam
penulisan penelitian.
Kata Kunci: e-commerce elektronik online